• About UGM
  • Faculty
  • Dept Tanah
  • Simaster UGM
  • IT Centre
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Program Studi Ilmu Tanah
Departemen Tanah
Fakultas Pertanian
Universitas Gadjah Mada
  • BERANDA
  • TENTANG KAMI
    • SELAYANG PANDANG
    • VISI, MISI, DAN TUJUAN
    • Jaminan Mutu
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • ANGGOTA PROGRAM STUDI
      • STAF PENGAJAR
      • TENAGA KEPENDIDIKAN
    • PENERIMAAN MAHASISWA BARU
    • FASILITAS
      • LABORATORIUM
      • PERPUSTAKAAN UGM
      • PERPUSTAKAAN FAKULTAS
    • KERJASAMA
  • PENDIDIKAN
    • CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
    • ELOK (E-LEARNING: OPEN FOR KNOWLEDGE SHARING)
    • KURIKULUM
    • SPESIFIKASI PROGRAM STUDI
    • KOMPETENSI LULUSAN
  • PENELITIAN & PENGABDIAN
    • PUBLIKASI TERBARU
    • RISET
    • LPPM
  • KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI
    • KELUARGA MAHASISWA ILMU TANAH
      • INSTAGRAM
      • YOUTUBE
    • PERTUKARAN PELAJAR
      • AIMS
      • Universitas Yamagata
      • Download Formulir
    • INFO BEASISWA
    • KELUARGA ALUMNI GADJAH MADA (KAGAMA)
    • LOWONGAN PEKERJAAN
    • TRACER STUDY
  • UNDUH
    • MANUAL PROCEDURS
    • MODULE HANDBOOK REGULER
  • KONTAK KAMI
    • PENGAJUAN KOMPLAIN
  • Beranda
  • KURIKULUM

KURIKULUM

  • 10 Agustus 2021, 14.11
  • Oleh: feriansyachrul
  • 0

Kurikulum Program Studi  Ilmu Tanah dirancang dengan struktur seperti ditunjukkan pada Gambar 2. Matakuliah yang diberikan di Prodi Ilmu Tanah dikelompokkan menjadi 9 (sembilan) kategori: Dasar Umum, Sains Dasar, Dasar Pertanian, Kemajuan Pertanian, Dasar Ilmu Tanah, Kemajuan Ilmu Tanah, Pilihan, Pendukung, Desain dan Laporan

Kurikulum yang diterapkan dalam Program Studi Ilmu Tanah didasarkan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tidak ada sistem blok di Program Studi Ilmu Tanah sehingga para siswa diharapkan untuk mengontrol waktu belajar mereka sendiri.

Kegiatan belajar mengajar diatur ke dalam beberapa jenis metode pengajaran dan pembelajaran. Pengetahuan kognitif diperoleh dari ceramah (internal atau tebakan), bacaan yang ditugaskan, belajar mandiri, tinjauan literatur, dan pembelajaran berbasis masalah. Keterampilan teknis diperoleh melalui praktikum langsung di laboratorium, kerja lapangan, presentasi, diskusi, seminar, dan penelitian.

Siswa memperoleh kemampuan untuk mengintegrasikan, mentransfer, dan menerapkan pengetahuan melalui sifat interaktif pelajaran, menggunakan materi kursus yang relevan, artikel, studi kasus nyata, belajar mandiri, tugas, dan penelitian. Untuk sikap, siswa mendapat manfaat dari diskusi di kelas, etika dan norma di kelas, umpan balik langsung dari instruktur, dan penyerahan naskah. Selain itu, kami meminta siswa untuk berpartisipasi dan memimpin klub siswa tanah.

 

Universitas Gadjah Mada

DEPARTEMEN ILMU TANAH
FAKULTAS PERTANIAN
Jln. Flora Bulaksumur 55281 Yogyakarta Indonesia
Phone/Fax +62-274-548814
Email: sekdep-tanah.faperta@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju